Kenal Prodi S1 Farmasi

Program studi S1 Farmasi di kampusku, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata, ini memang yang paling banyak penghuninya. Angkatanku sendiri kurang lebih berjumlah dua ratusan anak lebih. Bukan main banyaknya!


Fakultas farmasi di kampusku dipecah menjadi D3 dan S1. Apa perbedaan dari keduanya? Prodi D3 Farmasi lebih menitikberatkan pada praktikum dan lulusannya nanti menyandang gelar A.Md.Farm. S1 juga sama sebetulnya, tapi mereka mendapat bekal teori dasar pada semester pertama.

Sebelum memasuki inti, apa sih sebetulnya farmasi? Ada berbagai definisi sebetulnya, kuambil penjelasan paling simple saja. Kata farmasi sendiri berasal dari Bahasa Yunani; farmakon yang berarti medika atau obat, yakni suatu seni dan ilmu dalam penyediaan bahan alam dan sintesis yang sesuai untuk didistribusikan dan dipakai dalam pengobatan sekaligus sebagai pencegahan suatu penyakit.

Ketika lulus S1 Farmasi kamu akan menyandang antara dua gelar yakni S.Farm apabila prodi ini (di kampusmu) masuk fakultas farmasi atau S.Si apabila dinaungi fakultas MIPA. Meski beda, tapi dari keduanya kamu tetap bisa lanjut profesi apoteker.

Lulus S1 Farmasi bisa lanjut Profesi Apoteker dengan waktu studi setahun, sangat berbeda di luar negeri. Luar negeri contoh saja Australia, ketika lulus sarjana farmasi kamu perlu waktu empat tahun wajib kerja praktek disupervisi rumah sakit atau apotek. Praktek kelar lantas kamu harus ikut ujian yang diselenggarakan APEC (Australian Pharmaceutical Examination Council). Peserta ujian yang lulus akan mendapat sertifikat dan dapat bekerja di apotek atau rumah sakit (sebagai apoteker tentunya). Sedangkan yang gagal harus ambil ujian lagi pada periode selanjutnya.

Akreditasi B sudah disandang oleh prodi S1 Farmasi kampusku dan mungkin beberapa tahun lagi bakal naik jadi A. Namun, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata pada tahun 2019 ini belum membuka Profesi Apoteker. Walaupun begitu, kurikulum kampusku menekankan enam puluh persen praktikum, sisanya teori. Dalam hal metode pengajaran dan fasilitas nggak kalah sama kampus lain. Mantap! 

4 comments:

  1. Tapi, lulusan S1 Farmasi bisa kerja di luar negeri nggak sih? Kan katanya kalau di luar negeri, dicontohkan di Australia, butun waktu 4 tahun wajib kerja.

    Keren lho orang-orang Farmasi. Sukses!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, Mbak. Asalkan berusaha, hehe.

      Oke, Mbak, terima kasih.

      Delete
    2. Syukurlah kalau bisa. Mungkin ada syarat2 tertentu ya kalau ke luar negeri?

      Delete
  2. Mantap Sis. Kampusnya mantap. Selamat juga Prodinya Akreditasi B

    AYAT-AYAT LOGIKA!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.