Alasan Bikin Blog dan Resolusi Tahun 2019

January 16, 2019


Pertama kali tahu blog itu dari Raditya Dika. Beberapa dari kalian pasti tahu kalau Raditya Dika dahulu dikenal sebagai blogger, kemudian ia pun merambah dari yang seorang blogger menjadi menulis buku. Tulisan bukunya pun berasal blog-nya itu. Tahun pun berganti, Radit makin sukses dari yang seorang novelis menjadi komika dan sutradara. Dari kesuksesan Radit itu aku pun mulai berkhayal gimana jadinya ya kalau aku bikin blog? Bisa kayak Raditya Dika nggak ya?




Berawal dari muter-muter di blog Raditya Dika, hasrat untuk memiliki blog sendiri pun muncul. Tak berselang lama, hasrat itu tersampaikan. Menginjak bangku SMP, aku membuat blog pertamaku, waktu itu namanya: Anomali Semut. Berbekal kemampuan Bahasa Inggrisku, maka niche blog-ku dahulu adalah terjemahan cerita horor dan misteri dari situs luar.

Sumber: id.wikipedia.org

Akan tetapi, blog tersebut tak bertahan lama karena kupikir nggak ada gunanya ditambah aku yang makin sibuk dengan berbagai ujian masuk SMA dan sebagainya. Waktu itu aku belum tahu adanya jasa menulis artikel di
blog, periklanan, atau semacamnya, jadi dengan gampang kuhapus permanen blog lamaku itu.

Lima tahun kemudian, tahun 2018, hasrat buat nge-blog tumbuh kembali. Aku mulai berpikir ke depan. Pertengahan Oktober aku membuat blog untuk kedua kalinya.

Tentu dorongan buat blog saat SMP dengan sekarang berbeda. Dahulu, aku bikin hanya untuk senang-senang saja, namun sekarang lebih spesifik: untuk berbagi cerita, menyebarkan ilmu, dan menambah uang saku. Alasan yang terakhir ini sebenarnya merupakan dorongan utama buat bikin blog lagi. Telah kubuktikan, setelah aku fokus nge-blog terhitung dari Oktober 2018, aku bisa menghasilkan uang. Walaupun uang yang kuhasilkan sedikit, tapi bisa menambah uang saku kuliah. Aku bersyukur. 

Nggak terasa aku nge-blog sudah tiga bulan lamanya. Tiga bulan atau satu tahun ya? Sudah lewat tahun baru nih. 
Tahun ini ada banyak harapan yang ingin kucapai, tapi ada empat yang kuprioritaskan:

  1. Dapat menghidupi diri sendiri tanpa setoran uang dari orang tua.
  2. Menekuni hobi lamaku, yakni membuat ilustrasi.
  3. Fokus menulis buku.
  4. Rajin menabung dan menambah relasi.

Intinya tahun 2019 ini aku ingin mapan secara finansial, uang yang kudapatkan akan kutabung untuk menggapai berbagai mimpiku yang lain.

Bismillah.

You Might Also Like

4 komentar

  1. HAPPY Blogging...!
    Semoga bisa jadi narablog yang cetharrr ya
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. Wah mantabbb semangat yah kak ngeblognya hehe :)

    ReplyDelete

Follow by Email

Contact Form

Name

Email *

Message *