Generasi Milenial Harus Tahu: 5 Cara Memilih Kosmetik yang Aman

December 23, 2018

Pada era milenial ini kosmetik menjadi kebutuhan wajib para wanita. Akan tetapi, beberapa wanita suka mencoba-coba berbagai merek kosmetik secara sembarangan yang bahkan mereka tidak tahu apakah kosmetik itu aman atau tidak. Apa yang terjadi jika kita tidak selektif dalam memilih kosmetik? Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai macam hal yang tidak diinginkan, seperti datangnya alergi pada kulit atau bahkan penyakit dikarenakan bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik tersebut. 

Pada dasarnya ada beberapa cara yang dapat membantu kamu bagaimana cara memilih kosmetik yang aman. Cara ini ditujukan bagi wanita yang masih sembarangan memilih kosmetik tanpa memerhatikan keamanannya dan juga buat kamu, iya kamu yang selalu setia baca blog aku.

Sumber: unsplash.com

1. Pastikan terdapat nomor BPOM.

Pastikan terdapat nomor BPOM (Badan Pengawas Obat dan Minuman) pada kemasan kosmetik tersebut. Badan negara ini mengatur beredarnya kosmetik di Indonesia baik produk luar negeri maupun dalam negeri. Nomor BPOM biasanya terdapat di kemasan bagian belakang. Untuk mengecek apakah nomor BPOM itu asli atau tidak kalian bisa klik tautan berikut ini.

Sumber: obatwiki.com
Kosmetik disebut aman apabila telah teruji klinis sehingga sudah dinyatakan kandungan yang digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik berasal dari bahan yang baik dan tidak berdampak buruk bagi manusia. Selain memeriksa nomor BPOM, jangan lupa untuk memeriksa waktu kedaluwarsa kosmetik tersebut.

Awas! Selalu waspada dan hati-hati dengan nomor BPOM palsu! 

2. Jangan termakan bujuk rayu iklan.

Iklan memang menarik, tetapi jangan mudah terbujuk rayu iklan yang ditayangkan di televisi karena produk yang ditampilkan dalam iklan belum tentu cocok dengan kulit kamu. Produk yang ditampilkan dalam iklan juga belum tentu baik sebab iklan hanya menampilkan keunggulan-keunggulan sebuah produk saja.

Intinya, jangan mudah percaya produk yang diiklankan sebelum kamu mencari tau lebih detail.

3. Pastikan komposisi kosmetik.

Cara memilih kosmetik yang ketiga adalah cek apa saja yang terkandung dalam kosmetik tersebut. Biasanya tercetak dalam label komposisi di belakang kemasan. Hampir semua produk kosmetik tercantum bahan dasar pembuatannya pada label komposisi. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat masih banyak produk kecantikan yang memakai bahan kimia berbahaya.


Sumber: meramuda.com
Paraben, sodium lauryl sulfates (SLS), senyawa aluminium, phtalates, triclosan, talc, minyak mineral, merkuri (Hg), dan timbal (Pb) merupakan beberapa contoh bahan-bahan kosmetik berbahaya. 

Hindari penggunaan kosmetik apabila kamu memiliki riwayat alergi, iritasi, atau sensitifitas kulit terhadap salah satu bahan pembuatan kosmetik itu.

4. Perhatikan kemasan produk.

Memilih kosmetik yang aman dapat dilakukan dengan melakukan pengamatan dan pemeriksaan terhadap kemasan produk. Beberapa merek kosmetik menawarkan layanan menukar atau isi ulang terhadap produknya. Akan tetapi pada merek kosmetik yang tidak baik biasanya tidak ada informasi tersebut pada kemasan. Jangan membeli produk jika kemasannya atau segelnya telah rusak.

Kemasan kosmetik biasanya menjadi pembeda antara kosmetik asli dan palsu. Oleh sebab itu, perhatikan dengan teliti kemasan pembungkus kosmetik.


5. Rajin-rajinlah membaca review.

Pada era digital seperti sekarang ini marak sekali beauty blogger/vlogger yang rutin melakukan review terhadap produk kosmetik. Rajin-rajinlah membaca review produk kosmetik yang mereka lakukan. Membaca review atau ulasan kosmetik di internet dapat membantu konsumen dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan konsumen.

Informasi tambahan, seperti yang dirangkum pada tulisan di atas, kosmetik palsu punya ciri-ciri sebagai berikut:

  • Ketiadaan nomor izin edar (NIE) dari BPOM. Pertanda bahwa kosmetik tersebut belum diuji oleh BPOM sehingga tidak diketahui apakah kandungannya aman bagi kulit atau tidak.
  • Ciri-ciri kosmetik ilegal lainnya dapat kamu lihat dari bahan yang terkandung dalam kosmetik. Pelbagai bahan kimia berbahaya yang banyak terkandung pada kosmetik palsu di antaranya merkuri, timbal, arsen, pewarna sintetis, dan silikon. Jika kamu menemukan salah satu dari lima bahan tersebut, maka kosmetik tersebut kemungkinan besar tergolong ilegal dan palsu.

Itulah bagaimana cara memilih kosmetik yang tepat. Apabila ragu cocok atau tidaknya dengan kulit kamu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit atau ahli kecantikan yang terpercaya. Pilihlah kosmetik sesuai tujuan penggunaanmu supaya kamu mendapatkan manfaat terbaik dari produk tersebut. Misalnya night cream yang memang seharusnya digunakan pada malam hari nekat kamu pakai di siang hari karena day cream habis. Kulit wajah kurang terlindungi karena night cream yang tidak mengandung SPF. Tetap hati-hati ya, guys!
Maksud hati ingin mempercantik diri tapi karena salah pakai kosmetik malah jadi beruntusan, kulit mengelupas atau bahkan alergi! Nggak mau kan kena efek buruk seperti itu? Kenali karakteristik kulitmu, ingat kita harus cermat dan waspada terhadap produk yang kita gunakan sehari-hari ya! Jangan asal beli saja karena iming-iming harga miring atau ikut-ikutan orang! Jadilah konsumen yang bijak dan cerdas. Sayangi wajah dan kulit kamu dengan perhatikan dan periksa selalu kosmetik yang akan kamu beli.

You Might Also Like

0 komentar

Follow by Email

Contact Form

Name

Email *

Message *