5 Nasihat Penting Abdullah bin Abbas

October 09, 2018

Sumber: freepik.com
Seorang mujahid berkata: "Saya mendengar Abdullah bin Abbas Ra. berkata, 'ada lima perkara yang lebih saya sukai daripada harta melimpah yang diwakafkan;
  1. Jangan membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat bagimu. Karena hal itu merupakan kemubadziran yang rentan terhadap dosa.
  2. Janga membicarakan sesuatu yang bermanfaat bagimu hingga kamu mendapatkan tempat yang pas (peluang). Sebab, banyak orang membicarakan sesuatu yang bermanfaat baginya, namun ia tidak menempatkannya pada tempatnya. Akhirnya ia menjadi sengsara.
  3. Jangan berdebat dengan orang yang lemah lembut atau orang bodoh. Sebab, orang yang lemah lembut akan membencimu, sedangkan orang bodoh akan menyakitimu.
  4. Jika kamu membicarakan tentang saudaramu yang tidak berada di sampingmu, maka sebutkanlah mengenai hal-hal yang kamu sukai jika dia menyebutkannya tentangmu. Maafkanlah dia, sebagaimana kamu juga suka jika dia memaafkanmu. Perlakukanlah saudaramu dengan perlakuan yang kamu suka diperlakukan jika diperlakukan dengannya.
  5. Beramallah layaknya amalan seseorang yang tahu jika dia akan diberi balasan kebaikan dan akan diperlakukan secara terhormat.'"
Artikel ini bersumber asli dari buku Benteng Ghaib karya Wahid Abdussalam Bali.

You Might Also Like

0 komentar

Follow by Email

Contact Form

Name

Email *

Message *