4 Tips Untuk Introvert Supaya Sukses Menjalin Relasi

October 17, 2018

Artikel ini ditulis berdasarkan sudut pandangku. Penulis adalah seorang introvert, sebagaimana introvert pada umumnya; penulis tidak menyukai tempat ramai, lebih suka menghabiskan waktu secara me time, dan lebih suka hang out dengan sedikit teman. 

Penulis tekankan, introvert berbeda dengan antisosial. Introvert lebih cenderung menikmati dunianya sendiri, kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru. Sedangkan antisosial, merupakan bentuk sikap sosial yang secara sadar atau tidak sadar tidak dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat.
Sumber: freepik.com

1. Adakan kontak mata terhadap lawan bicara.



Seorang anak introvert cenderung menghindari kontak mata lawan bicaranya. Akan tetapi, seiring bertambah usia, penghindaran kontak mata tersebut biasanya tak terjadi. Apabila kamu tetap menghindari kontak mata, maka beranikan dirimu untuk sedikit demi sedikit mengadakan kontak mata pada lawan bicara. Berlatihlah dari lingkup terkecil yakni keluarga.

Kontak mata penting untuk membangun relasi. Kontak mata merupakan bentuk penghargaan kepada lawan bicara karena hal tersebut membuat lawan bicara merasa dihargai.


2. Biasakan untuk selalu tersenyum.



Biasakan untuk tersenyum saat berbicara. Senyum di sini bukan senyum terpaksa, tetapi senyum tulus. Orang lain pasti tak akan mood bercakap denganmu apabila kamu lesu, murung, dan tidak bersemangat.


Apabila kamu adalah orang yang tidak terbiasa tersenyum ketika berbicara, paksalah dirimu dari sekarang! Hal ini penting, sebab tersenyum terbukti dapat membuat mood tetap positif, memberi kesan bersahabat pada orang lain, bahkan kadang kala tersenyum dapat membuat kejutan tak terduga.


3. Berbicara dengan ramah.

Atur intonasi suaramu untuk terdengar ramah. Orang tidak akan nyaman berbicara denganmu jika intonasi suaramu tinggi dan tampak kasar.

4. Hilangkan semua pikiran negatif.


Otak adalah pusat pengendali tubuh, termasuk pikiran. Kalau pikiranmu negatif, maka yang terjadi juga negatif. Tapi kalau sebaliknya, maka hal baik akan datang kepadamu. Termasuk kamu orang introvert yang tak jarang berpikiran negatif akibat rasa khawatir mencoba hal baru layaknya orang ekstrovert. 

Kadang, seorang introvert ragu mengambil sebuah pilihan karena pikiran negatif itu. Buanng jauh-jauh pikiran negatif itu! Ingat, perubahan besar dimulai dari diri sendiri.









Sumber: 
  • siswapedia.com
  • psyline.id

You Might Also Like

0 komentar

Follow by Email

Contact Form

Name

Email *

Message *